Shortcut keyboard adalah pintasan tombol pada keyboard yang memudahkan pengguna untuk melakukan pekerjaan yang ada di Microsoft Word. Dengan begitu, anda tidak perlu menggunakan mouse lagi untuk melakukan perintah-perintah yang sederhana misalnya dengan menyimpan file anda tidak perlu memakai mouse dengan mengklik File lalu pilih Save tetapi dengan menggunakan tombol Ctrl + S anda sudah menyimpan file tersebut dan begitu pula seterusnya seperti membuka dokumen, mencetak dokumen, membuka dokumen baru, dll. Berikut ini adalah daftar shortcut keyboard yang sering digunakan di microsoft office :
Ctrl + A = Memblok keseluruhan teks (Select All)
Ctrl + B = Mempertebal teks (Bold)
Ctrl + C = Mengcopy teks (Copy)
Ctrl + D = Membuka menu kotak dialog font (Font)
Ctrl + E = Membuat teks rata tengah (Center Alignment)
Ctrl + F = Membuka menu find and replace pada tab find (Find)
Ctrl + G = Membuka menu find and replace pada tab go to (Go To)
Ctrl + H = Membuka menu find and replace pada tab replace (Replace
Ctrl + I = Membuat teks menjadi miring (Italic)
Ctrl + J = Fungsi perataan teks kanan & kiri (Justify)
Ctrl + K = Membuka kotak dialog Insert Hyperlink (Insert Hyperlink)
Ctrl + L = Fungsi perataan teks kiri (Left Alignment)
Ctrl + M = Fungsi menggeser First Line Indent dan Left Tab pada mistar dokumen (Hanging Indent)
Ctrl + N = Membuka/membuat dokumen baru (New)
Ctrl + O = Membuka kotak dialog open (Open)
Ctrl + P = Membuka kotak dialog print (Print)
Ctrl + Q = Menghilangkan nomor urut (Normal Style)
Ctrl + R = Membuat teks menjadi rata kanan (Right Alignment)
Ctrl + S = Menyimpan dokumen (Save)
Ctrl + T = Menggeser left tab pada mistar dokumen (Left Indent)
Ctrl + U = Membuat garis bawah pada teks (Underline)
Ctrl + V = Menampilkan teks yang telah dicopy sebelumnya (Paste)
Ctrl + W = Menyimpan dan langsung menutup Ms.Office (Close)
Ctrl + X = Memotong teks yang terseleksi (Cut)
Ctrl + Y = Mengulang kembali aktifitas yang lalu (Redo)
Ctrl + Z = Membatalkan aktifitas terakhir (Undo)
0 comments:
Post a Comment